Arsip Kategori: Food & Recipe

Hamil kedua, lebih cuek (edisi mampir curhat)

Kadang berasa salah karena hamil ini malah ga sempat nulis apa2 yang terjadi semasa kayak hamil pertama dulu. Duh sayang, maafin mami ya yg belum bisa bagi waktu antara kerja, ngurus kokomu, sama ngurus rumah. Maap, maapp…

Yang pasti, memasuki 5 bulan usia kehamilan, si kecil didalem udah intens ketuk-ketuk perut, ingin diperhatiin juga.

Bobot udah 53-53,5 kilo. Naiknya kebanyakan lagi. Mungkin memang udah bawaan kalo hamil gedee kali ya. Yah diterima aja, asal makannya tetep dijaga ga kayak pas hamil pertama.

Ngarepnya sih naik bb cukup 10 kilo maksimal, ya semoga bisa kesampean. Biar ga susah juga nuruninnya. Apalagi katanya kalo makin sering ngelahirin, badan makin gampang mekarnya. Iya kalo bolu kukus, makin mekar makin camtik. Lha kalo kita, jadinya kan kayak lontong kelipet. Gak banget..!

Bulan ini kami juga kompakan sakit bapil. Batuk ini paling nyiksa karena gatel banget di tenggorokan, trus ga bisa mnum obat sembarangan kan kalo hamil? Jadinya beralih minum obat herbal, lemon madu, lo han kuo, sama susu murni. Puji tuhan, seminggu udah agak baikan.

Ngomong2 obat herbal, saat nyoba racikan madu jeruk nipis, ternyata efeknya beda sama madu lemon lho. Lemon lebih enak, kalem di kerongkonganku. Biasa kalo habis minum jeruk nipis, malah langsung batuk ga berenti. Kali ini kalem, ga protes ini leher.

Madunya aku pake madu hutan tesso nilo. Produksi madu ini terbatas, cuma 5ribu botol sebulan karena ternaknya dilakukan tanpa merusak habitat aslinya. Beli madu ini, juga berarti ikutan nyumbang dan menjamin kelangsungan hidup peternak madu dan keberlangsungan gajah. Jadi ga bisa bantuin nyumbang uang, tenaga atau ilmu, mari kita beli poduk madu ini sajoo..

image

Ini ngomong apa ya, ngalor ngidup ga karuan..hehee..
Intinya sih, aku pengen tetep update, kasian blognya dianggurin, kasian si baby kedua ga diperhatikan juga perkembangannya. Biar nanti kalo dia baca blog maminya, dia ga sakit hati. Hihihik, ngerti ya dek, kalo mamimu suibuk poll belakangan. Ini aja updatenya jam 1 pagi lhoo…tanda mami masih terjaga karena kamu mulai umek diperut. Sesibuk apapun, saat kamu goyang, mami sempetin ngelus balik. Gitu itu, senyum mami dah otomatis tersungging bayangin kamu didalem.

Makasih ya sayang udah ga rewel, ngerti sama kokomu. Cepet gede, sampai ketemu juli yaaa..

Diet Sehat; Minuman Oat yang enak dan mengenyangkan

image</a
Kenaikan berat berlebih dan berimbas pada gula darah,mau tak mau memaksaku untuk merubah pola makan. Honestly, sejak hamil aku memang tergila-gila pada produk olahan tepung dan ketan dimana produk -produk tsb jelas menyumbang kenaikan berat badan dan gula darahku secara drastis.  Meski aku tahu ada alternatif pengganti nasi yang lebih sehat seperti nasi merah/roti gandum /oat, nyatanya aku kurang suka rasanya (roti gandum masih bisa kunikmati, namun beras merah dan oat tidak termasuk hitunganku).
Lanjutkan membaca Diet Sehat; Minuman Oat yang enak dan mengenyangkan

Susu Almond; Nutrisi dan Manfaat

Dari dulu, perutku kurang bisa mencerna susu sapi. Begitupun saat promil dan saat awal hamil dimana ibu hamil dianjurkan untuk minum susu untuk ibu hamil. Aku sudah mencoba prenagen dan anmum. Hasilnya, perut selalu  mulas dengan aroma kentut yang luar biasa baunya.

Setelah browsing sana-sini, kutemukan fakta bahwa kacang-kacangan sangat baik untuk ibu hamil, salah satunya kacang almond. almond mengandung asam lemak baik, vitamin E dan terutama asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil dan cocok untuk diet karena kandungan  kalorinya sedikit. Asam folat sangat penting untuk ibu hamil muda terutama karena asam folat mencegah resiko cacat tabung syaraf pada janin.

Perlu diketahui bahwa susu almond terbaik merupakan susu almond mentah (tanpa proses pemasakan yang melibatkan susu tinggi), untuk menjaga nutrisinya tetap terjaga. Cara membuatnyapun sangat mudah, tambahkan beberapa ingredients (kopi, green tea, pemanis, atau coklat), susu almond bisa dinikmati dengan rasa yang enak.

Cara membuat susu almond:

  1. Rendam 1 cup almond selama 10-12 jam, bilas  dan ganti airnya setiap 5 jam.
  2. Campur almond dengan air matang (perbandingan 1:3)
  3. Blender dan saring ampasnya.
  4. Tambahkan perasa seperti kopi/ matcha/ ice krim dll. Blender dengan es batu.
  5. Susu almond siap dinikmati.

Susu almond tahan disimpan di kulkas mungkin sekitar 4 harian (tidak pernah mencoba lebih dari itu)

image

Resep Tumis Daun Singkong

IMG_20150603_053812

Ini percobaan pertama bikin tumis daun singkong, langsung di delivery buat temen-temen kantor yang pesan. Awalnya agak ngeri mau jualin sayur yang kita bahkan belum pernah coba bikin. Apalagi daun singkong kan teksturnya keras dan katanya agak pahit. Kalo soal bumbu, kupikir standar seperti tumisan lainnya, hanya pengolahan daun singkongnya yang mesti agak hati-hati.

Setelah browsing sana-sini, kuputuskan merebus daun singkong dulu agar empuk sebelum ditumis (untuk yang ini, aku ga tahu apa kandungan vitamin di dalamnya ikut hilang karena proses meremas dan memasak lama). Untuk menghilangkan rasa pahit (kalo memang pahit), garam tetap menjadi andalan. Untunglah, kata teman-teman, sayurnya cukup diterima di lidah.

Berikut resep Tumis Sayur Daun Singkong :

Bahan :
1. 1 Ikat daun singkong siangi
2. Teri digoreng

Bumbu ulek kasar:
3. Bawang Merah 6
4. Bawang putih 5
5. Terasi matang secukupnya

Bumbu lain :
6. Laos seruas Geprek
7. Daun salam 3 lbr disobek-sobek
8. Gula, Saus tiram, Kecap manis/Asin, penyedap jika suka

Cara :
1. Mengolah daun singkong; setelah dicuci bersih tiriskan daun singkong, beri 2 sdm garam, remas-remas beberapa saat.
2. Cuci dan peras dengan air mengalir. Rendam sebentar dalam kuali, peras lagi sampai warna hijaunya keluar.
3. Masak sampai layu, tiriskan dan potong-potong sesuai selera.
4. Panaskan kira-kira 3 sdm minyak, tumis bumbu ulek sampai wangi, tambahkan daun salam dan laos.
5. Masukkan Daun singkong, Beri sedikit air dan tambahkan bumbu-bumbu lain beserta ikan.
6. Tutup wajan dan panaskan dengan api besar sampai kuah habis.
7. Angkat, sajikan.

Resep Tumis Buncis Daging Cincang

IMG_20150524_223851 IMG_20150524_223845

Meski bukan penyuka aneka kacang-kacangan (termasuk buncis), toh kami tetep bisa menikmati sayur ini karena campuran daging yang kupakai yang cukup banyak. Suami yang biasanya rewel sayur pun bisa menghabiskan dan makan cukup lahap, entah karena sayurnya atau karena ada lauk pendamping favoritnya (Udang telor asin). yang penting dia udah mau sedikit-sedikit makan sayur walaupun baru mau makan sayur tumis, dan tetep rewel kalau makan kuah sayur.

Oh ya, karena tidak suka bawang utuh, biasanya aku menghaluskan bawang-bawang yang biasanya hanya digeprek/ diiris saja. Pilihan personal saja sih, aku suka bawangnya tercampur dengan bumbu, karena kalo ketemu irisan-irisan bawang dipiring, cukup mengganggu kenikmatan makan karena harus disisihkan.

Bahan :

1. Baby buncis (porsi untuk 2 orang saja) potong-potong panjang
2. Daging giling kira-kira 125 gr

Bumbu :
1. Bawang putih haluskan
2. Merica, garam, saus tiram, kecap manis, minyak wijen
3. satu sendok kecil kanji, dilarutkan dengan 100 ml air matang.

Cara :
1. Panaskan minyak goreng sedikit, tumis bawang putih sampai wangi.
2. Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai daging berubah warna
3. tambahkan garam, merica, saus tiram dan kecap.
4. Masukkan baby buncis, panaskan dengan api besar sampai buncis agak layu, ratakan.
5. Tambah penyedap jika suka.
6. Masukkan larutan kanji, tunggu sebentar sampai kuah agak kental.
7. Matikan api, tambahkan beberapa tetes minyak wijen, angkat dan sajikan.

Tips :
Supaya nutrisi dan kandungan vitamin sayur tidak hilang, masak sayur dalam waktu singkat & potong sayur dengan potongan agak besar. Perubahan warna pada sayur menandakan nutrisinya telah menguap/berkurang.

Resep Cah Kangkung Balacan

IMG_20150517_132202

Resep sayur simple tapi enak ini selalu setia kami pesan kalau sedang makan seafood (terutama udang) di restoran. Karena sekarang sudah ada dapur, maka rutinitas kencan makan diluar dikurangi ganti belanja sayur untuk diolah sendiri. Selain kebersihan lebih terjamin, dan pastinya lebih murah (walaupun belanjanya di supermarket, tetep lebih murah daripada beli di resto), kita juga bebas memberi bumbu / ikan sebanyak yang kita mau. Berikut resep Cah Kangkung Balacan yang simple dan enak :

Bahan :

1. 2 ikat kangkung, bersihkan dan siangi

Bumbu ulek kasar:
– Bawang merah
– Bawang putih
– Cabe rawit 3 atau 4 biji
– Terasi matang
– Teri goreng

Bumbu :
– Garam, gula, Penyedap
– Saus tiram
– Jahe keprek
– 2 lb daun salam

Cara :
1. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan bumbu garam, penyedap.
2. Masukkan kangkung, tutup sebentar. Setelah agak layu aduk sampai bumbu tercampur.
3. Angkat, sajikan.

Resep Roti Panggang Coklat Keju

IMG_20150502_070929

Banyak orang melewatkan sarapan pagi karena menu nasi dirasa terlalu berat dimakan pagi hari. Untuk itu roti bisa menjadi pilihan pengganti bagi yang ingin tetap mendapat sarapan tanpa khawatir ‘keberatan’. cara membuatnya juga praktis, cepat, pas banget untuk yang diburu-buru waktu.

Roti panggang Coklat Keju ini cukup komplit memenuhi kebutuhan akan karbohidrat dari Nasi, protein dari Keju, dan lemak dari Coklat Meses/Margarin.
Bahan :

1. Roti tawar kupas
2. Margarin
3. Meses
4. Keju Cheddar parut/ Keju leleh

Cara :
1. Ambil 2 lembar roti, olesi permukaan luarnya dengan margarin.
2. Taburkan keju parut dan meses dibagian yang tidak dioles margarin. tangkupkan kedua lembar roti (bagian yang dioles margarin disebelah luar)
3. Panaskan wajan datar, lelehkan sedikit margarin, ratakan di permukaan wajan.
4. Panggang roti di wajan sambil ditekan keempat sisi roti agar menyatu.
5. Balik dan panggang sisi satunya.

Untuk penyajian menu sarapan yang cepat, enak dan padat gizi lainnya bisa dicoba
Resep Pisang panggang Coklat Keju