Arsip Kategori: Baby El

2 tahun 5 bulan; Akhirnya berhasil menyapih Rafael

Sejak ~kelahiran baby G, Rafael menjadi lebih manja dan frekuensi nenennya jadi sering. Bahkan kata “nenen” udah jadi semacam mantra yang diucapkan terus menerus tiap mulutnya ga nempel PD maminya.

Berbagai cara mulai sounding (niatnya menyapih dengan cinta) sampai akhirnya aku jd sering marah karena frekuensi nempelnya ga jamak; dikasih lipstik, kunyit, bawang merah, bawang putih sampai garam (sempet keperihan jadinya), teteeep aja ga mempan. Rafael sebenernya jijik saat liat Asi mengalir keluar kalo pas LDR* pas neneni gabby, tapi anak seumur 2 tahun udah pinter. Dia bawa tisu untuk lap, dan pas udah bersih cepet2an sebelum asinya keluar dia nenen 😞

Sampai tanggal 25 desember kemarin pas papinya libur, mommy baru dapat dukungan untuk mencegah rafael nenen. Papinya bilang “hiih putih2 gitu nanti keluar dari hidungmu loh koo” sama ekspresi jijik yg mengena banget. Rafael sempet marah, teriak kuenceng karena merasa diolok mungkin yaa…sampe nangis karena pengen nenen tapi galau dan jijik kepikiran omongan papinya. Ditambah, mami pencet asi n ga sengaja kesemprot kewajahnya. Kumplit, dia ngamukk nangis2 jejeritan sambil usap2 wajahnya😁

Malamnya tiap dia bilang nenen, mommy nanya “koko mau minum putih2?, gapapa sih kalo ga jijik”. Awalnya doi ngamuk nangis terus tiap dijawab begitu. Maminya cuma bisa meluk n nyium dia sampai tangisnya agak reda, setelah itu mami jelasin kalo putih2nya itu memang untuk bayi, koko yg udah gede waktunya makan atau minum kalo lapar dan haus.
Kalo Gabby pas gumoh atau asi keluar dimulutnya, mami papinya nunjukin ke rafael sambil bilang “ini loo di dalem nenen memang ada putih2 untuk makannya gabby”.

Sampai esoknya meski pake acara drama ternyata bisa juga terlewati tanpa dia nyusu. Tiap dia bilang “nenen” mami langsung ganti kata nenen dengan “minum putih2”..daan ternyata cara ini manjurr banget. Sampai tulisan ini dibuat, rafael sukses ga nyusu. Sesekali dia sandar sambil bilang nenen. Mungkin kangen rasa nyamannya. Kalo mami tanya, mau putih2, dia akan langsung geleng kepala sambil bilang “endakk,nenen bayi”. Rupanya dia udah ngeh kalo asi itu buat adek bayi 😁

Gantinya nyusu, kalo mau tidur rafael minta “ejet” alias “pijet”. Dengan seneng hati mommy pijetin daripada kudu nyusui, krn rafael nyusunya lama bikin pegel banget dipinggang.

Meski sempet ga enak badan karena Asi yg numpuk ga dihisap, mastitis yg dikhawatirkan ga kejadian. Tiap bengkak (dan keras kyk batu-suakiit banget), mami peras sebagian (ga sampe habis), setelahnya baru disusukan ke gabby. Gabby sendiri ga kuat minum banyak, dan asi akhirnya banjir2 sampe pernah perjalanan pulang surabaya ke sidoarjo baju mami bagian depan basah semua meski pake pad. Butuh waktu semingguan sampai kondisi PD mulai normal lagi.

Jumat besok, sbg ucapan syukur, maminya mau sekedar bagi-bagi kue di kantor papi dan buat bapak2 satpam di kompleks 😁😁😁

Rafael, di 10 bulan usianya..

Rafael 10 bulan, udah makin lincah! Sudah merangkak dengan cepat, sudah naik 8 anak tangga dengan lancar dan ga sampai 5 menit. Posisi berdiri sudah mantap walau hanya pegangan dengan satu tangannya.

Kebiasaan menggigitnya makin menjadi. Semua dia gigit, mulai perut, paha, tangan bahu, sampai hampir semua tempat strategis biru lebam kena bekas gigitannya. Mungkin itu alasan Lanjutkan membaca Rafael, di 10 bulan usianya.. →

Latepost: 9 Bulan Bayi Rafael

Well, banyak yang terjadi bulan-bulan ini, sampai jarang update web. Tak terasa, rafael sudah 9 bulan usianya.

Apa aja perkembangannya?
Pertama, giginya sudah tumbuh 6 biji.. 4 diatas, dan 2 dibawah. Seiring dengan itu, celotehnya makiin banyak. Papapapapa…mamama…cececehh, tak ketinggalan tangannya nepuk-nepuk apa saja yang bisa ditepuk. Mulai tembok sampai muka maminya. Pokk…pokk… Lanjutkan membaca Latepost: 9 Bulan Bayi Rafael →

Halo, Hari ini aku genap 8 bulan lho..

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Gigiku sudah tumbuh 3, dan ada 2 lagi sudah mau muncul. Selain merayap, aku sudah belajar berdiri. Aku juga suka ngoceh dan bikin mamiku bingung karena dia nggak ngerti bahasaku. Mami seringnya ngerti kalo pas aku kesel dan bosan. Kalo kesel, alisku akan mengkerut, dan aku akan mulai teriak protes sambil nendang-nendang. Mami sering kena tendanganku, sakit katanya. Maaf ya mi…dedek belum ngerti kalo mami kesakitan.

Mami juga bilang kalo marah wajah gantengku jadi jelek. Jadi aku ga boleh sering marah. Nah kalo bosan, aku biasanya teriak panjang, satu kali saja ‘aaaaahhhhh’. Mami papi udah tahu, aku pasti boring seharian dirumah. Oh iya, meski aku belum bisa ngomong nyebut mami papi, mereka sudah ngerti kalo aku panggil. Aku baru bisa panggil ‘eehh’, untuk bikin mereka noleh. Kadang butuh berkali -kali sampai mereka sadar kalo aku panggil. Habis itu, mami pasti benerin aku. ‘ ini mami dek, itu papi’ kata mami sambil telunjuknya nunjuk dadanya dan nunjuk papi. Setelah itu tangan mami akan nempel didadaku, ‘ini, dedek, aguk’ begitu mami bilang. Biasanya 3 kali ngomongnya.

Sehari-hari aku sama mami terus, papi kerja sampai malam baru pulang. Makanya aku nempel terus sama mami dan ga mau ditinggal sedetikpun. Mami sering nahan pipis atau makan atau puppup, nunggu aku tidur dulu. Karena kalo ditinggal mami aku takut, jadinya nangis sambil teriak manggil mami sebisaku. Untung mami ngerti bahasaku yang ini ya. Dan untung bukan papi yang jaga aku, soalnya aku tau papi paling ga bisa nahan puppup 😀

Selagi nunggu papi pulang, biasanya aku suka mainan sama mami. Favoritku, main ci luk baa, atau ketawa ketiwi berdua dengan muka dibawah selimut. Kalo ndak, aku suka mainan botol plastik, remote tv, hape, atau tali kolornya mami. Semuanya kumasukin mulut, kuemut sampai basah. Kalo mainan yang papi beliin yang bunyi-bunyi itu, aku nggak suka. Aku juga suka ketawa lepas kalo pas mami atau papi cium diperut, punggung dan pahaku..rasanya geliii…

Nah, diusiaku ini, aku sudah belajar banyak kan? Aku berharap cepat bisa jalan, tapi seminggu ini mami tidak taruh aku dilantai untuk belajar merangkak. Kotor katanya, takut batuk pilekku nggak sembuh. Sudah seminggu aku batuk pilek dan tidak mau makan. Doakan semoga aku cepat sembuh yaa, jadi bisa cepat mainan dilantai lagii..