Sukses menyapih Dengan cinta

10 Juli 2020

Genap 10 hari selepas Gaby berusia 3 tahun, dia berhasil menyapih dirinya sendiri (soundingnya sejak dia berumur 19 bulan an).

awal menyapih sebenarnya karena mungkin produksi ASI yang berkurang drastis. Sejak awal bulan Maret kemarin, papinya bekerja dari rumah sehingga Gabby menjadi lebih jarang menyusu karena malu (dia bilang sendiri kalo malu- dan saat nyusu kalo api/kokonya lewat dia akan marah dan berhenti). biasanya sedikit-sedikit dia akan minta menyusu namun sejak ayahnya ada di rumah frekuensi menyusu hanya 2 atau 1 kali sehari sebelum tidur. Puncaknya Gaby berhenti menyusu ketika melihat maminya menahan sakit setiap dia menyusu. Bahkan pas kebangun, biasa dia nyari nen, dia ganti minta susu kotak uht.

Bukannya nggak kegoda untuk nyusu, pas pagi hari tadi saat baru melek, seperti biasa dia secara reflek minta. Karena aku memang ingin menyapih dengan cinta, kukasih juga akhirnya sambil tetap sounding ‘ jangan lama2 ya non, karena asimya udah sedikit dan nonik udah besar’. Dan tau ngga ? Akhirnya dia cuma nempel sebentar (nggak nyusu) trus dia turunkan kaosku untuk nutup PD seperti kalo dia merasa puas habis nyusu.

11 Juli 2020

Malam ini sekali lagi dia nggak nyusu. Walaupun sempet kumarahi karena bolak balik minta diambilin susu dikulkas…

Semoga kali ini dia berhasil dan rela untuk menyapih dirinya 💖💖

 

30 Juli 2020

Sejak tanggal 10 Juli kemarin sampai hari ini boleh dikata Gaby sudah sukses menyapih dirinya. Pagi-pagi memang kadang dia masih ndusel mencari PD, namun tidak pernah sampai menyusu. meski berat bagi mami nya dan juga Gaby, namun kami seakan-akan sama rasa dan sama tahu bahwa ini memang sudah harus berakhir.

* Tiga tahun lalu mata bengkak kebanyakan nangis krn asi mampet ga bisa nyusui dia, dan skrg puji Tuhan 3 tahun telah lewat, aku lega telah berhasil memberinya cairan emas yg luar biasa berharga itu.

FB_IMG_1596220624762FB_IMG_1596220627901

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s