2 tahun 5 bulan; Akhirnya berhasil menyapih Rafael

Sejak ~kelahiran baby G, Rafael menjadi lebih manja dan frekuensi nenennya jadi sering. Bahkan kata “nenen” udah jadi semacam mantra yang diucapkan terus menerus tiap mulutnya ga nempel PD maminya.

Berbagai cara mulai sounding (niatnya menyapih dengan cinta) sampai akhirnya aku jd sering marah karena frekuensi nempelnya ga jamak; dikasih lipstik, kunyit, bawang merah, bawang putih sampai garam (sempet keperihan jadinya), teteeep aja ga mempan. Rafael sebenernya jijik saat liat Asi mengalir keluar kalo pas LDR* pas neneni gabby, tapi anak seumur 2 tahun udah pinter. Dia bawa tisu untuk lap, dan pas udah bersih cepet2an sebelum asinya keluar dia nenen ๐Ÿ˜ž

Sampai tanggal 25 desember kemarin pas papinya libur, mommy baru dapat dukungan untuk mencegah rafael nenen. Papinya bilang “hiih putih2 gitu nanti keluar dari hidungmu loh koo” sama ekspresi jijik yg mengena banget. Rafael sempet marah, teriak kuenceng karena merasa diolok mungkin yaa…sampe nangis karena pengen nenen tapi galau dan jijik kepikiran omongan papinya. Ditambah, mami pencet asi n ga sengaja kesemprot kewajahnya. Kumplit, dia ngamukk nangis2 jejeritan sambil usap2 wajahnya๐Ÿ˜

Malamnya tiap dia bilang nenen, mommy nanya “koko mau minum putih2?, gapapa sih kalo ga jijik”. Awalnya doi ngamuk nangis terus tiap dijawab begitu. Maminya cuma bisa meluk n nyium dia sampai tangisnya agak reda, setelah itu mami jelasin kalo putih2nya itu memang untuk bayi, koko yg udah gede waktunya makan atau minum kalo lapar dan haus.
Kalo Gabby pas gumoh atau asi keluar dimulutnya, mami papinya nunjukin ke rafael sambil bilang “ini loo di dalem nenen memang ada putih2 untuk makannya gabby”.

Sampai esoknya meski pake acara drama ternyata bisa juga terlewati tanpa dia nyusu. Tiap dia bilang “nenen” mami langsung ganti kata nenen dengan “minum putih2”..daan ternyata cara ini manjurr banget. Sampai tulisan ini dibuat, rafael sukses ga nyusu. Sesekali dia sandar sambil bilang nenen. Mungkin kangen rasa nyamannya. Kalo mami tanya, mau putih2, dia akan langsung geleng kepala sambil bilang “endakk,nenen bayi”. Rupanya dia udah ngeh kalo asi itu buat adek bayi ๐Ÿ˜

Gantinya nyusu, kalo mau tidur rafael minta “ejet” alias “pijet”. Dengan seneng hati mommy pijetin daripada kudu nyusui, krn rafael nyusunya lama bikin pegel banget dipinggang.

Meski sempet ga enak badan karena Asi yg numpuk ga dihisap, mastitis yg dikhawatirkan ga kejadian. Tiap bengkak (dan keras kyk batu-suakiit banget), mami peras sebagian (ga sampe habis), setelahnya baru disusukan ke gabby. Gabby sendiri ga kuat minum banyak, dan asi akhirnya banjir2 sampe pernah perjalanan pulang surabaya ke sidoarjo baju mami bagian depan basah semua meski pake pad. Butuh waktu semingguan sampai kondisi PD mulai normal lagi.

Jumat besok, sbg ucapan syukur, maminya mau sekedar bagi-bagi kue di kantor papi dan buat bapak2 satpam di kompleks ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s