Diet sehat untuk ibu menyusui

Kita tahu kalo busui membutuhkan kalori lebih tiap hari karena menyusui, karena itu ga heran kalo busui itu bawaannya lapar.

Tapiii…energi udah kekuras,Β  makan udah banyak, tapi kok masih lapaar?Β  Ada lagi, katanya nyusui bikin kurus, laa tapii kok malah menggendats?πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Sebenernya statement busui butuh kalori lebih, dan nyusui bikin langsing itu fakta yg benar adanya. Hanya saja, para busui ga pernah peduli apa yg dimakan. Asal lapar, makan. Padahal, kebutuhan kalori busui itu cuma nambah 500 kalori dari kebutuhan harian org normal. Pilihan makanan yg kita pilih jelas berpengaruh pada kesehatan ibu dan kualitas asi, juga berimbas pada langsingnya ibu. Katakanlah kalori sebungkus indomi udah 350 kkal yg setara dengan 5 apel (ini umpama aja ya-kalori apel kira2 70 kkal sebijinya..).

Baik mana untuk dimakan? Tentu baik kalori yg didapat dari apel. Kandungan serat pada apel bikin gula darah ga naik drastis seperti kayak kita makan mie atau nasi putih. Efeknya, kita merasa ga ngantukan, kenyang lebih lama dan seratnya baik membantu kerja pencernaan.

Kenyang lebih lama–>makan lebih sedikit–>bb tubuh lebih terjaga.

Sebaliknya, makan 2 indomi sedang aja ternyata udah nutup kebutuhan kalori busui. (Kalori yaa…gizinya belum tentuu. )

Tapi karena mie mie an termasuk simple karbo, jadinya busui cepet lapar lagi. Indomie 2 itu rasanya cuma ngisi seperempat bagian perut aja kaan? Ga kenyang! Akhirnya busui makan lagi, lagi, dan lagi….yg kalo ditotal makannya bisa 4 atau 5 kali kebutuhan kalori tambahannya 😌

Gimana ga gemuk coba?? Kalori yg masuk lebih gede dari yg dikeluarkan (nyusui,atau aktivitas fisik lainnya).

Saranku as a mommy yg pernah naik 21 kilo saat hamil dan balik lagi ke 50, makanan kita kudu dibenerin. Pilih makanan yg bergizi dan berserat kayak sayur buah 2/3 porsi harian (kalo niat banget diet πŸ˜„). 1/3nya baru karbohidrat. Pilih nasi merah, oat, atau roti gandum deh daripada nasi putih atau putih2 lainnya krn mereka itu biang bikin lapar.

Hal yg sama berlaku untuk yg niat kecilin angka timbangan yaa..tinggal makan hariannya aja dikurangi dan diganti dengan kalori dari sumber yg lebih sehat.

Nanti mommy cerita lagi soal diet sehat, karbo simple dan hubungannya sama kenaikan BB busui..

Kalo terbantu dgn artikelnya, klik follow di sidebar atau bagian bawah (kalo hp), supaya aku termotivasi untuk bikin postingan yg bermanfaat lainnya yaaIMG_20170814_080308_510

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s