Bingungnya ibu baru mempersiapkan MP-ASI

Menjelang lulus masa ASI Ekslusif 6 bulan, aku mulai resah memikirkan pemberian makanan pendamping untuk bayi kecilku. Sempat berpikir untuk memberinya makanan instant mengingat aku hampir tak punya waktu untuk meninggalkan sikecil barang sejenak untuk memasak,selain tentu saja karena aku tidak berpengalaman sama sekali dalam hal ini. Untungnya, dari page AIMI, aku disarankan untuk gabung di group homemade healthy baby food. Grup untuk ibu-ibu yang concern memberi makan bayi makanan alami buatan sendiri yang tentunya lebih sehat dan bebas gula, garam dan pengawet.

Awalnya, cukup pusing membayangkan aneka atribut perlengkapan untuk membuat bubur bayi. Mulai dari slow cooker, baby cubes, saringan kawat, wadah plastik tahan panas, Dan sebelum mencobanya, jujur saja aku bingung sendiri. Contohnya, pemakaian saringan kawat untuk menyaring bubur. Dalam benakku, bubur kan sudah halus, apa perlu disaring lagi?
Ternyata, setelah mencoba sendiri, bahkan bubur yang halus pun, bayi kita belum bisa menelannya dengan baik. Jadi, memang perlu disaring lagi. Namun belakangan, aku sudah meninggalkan metode saring menyaring ini, karena cukup menyita waktu. Sedang bayiku termasuk jenis bayi yang ga bisa ditinggal. Aku menggantinya dengan blender untuk menghaluskan buburnya.

Setelah baca, baca, dan baca, ternyata ada cara mudah untuk mempersiapkan menu sikecil tanpa menyita waktu terlalu lama. Aku membuat frozen food untuk mempersingkat waktu dalam menyiapkan makanan, berlaku untuk sayur dan buah. Bikin frozen food juga gampang, tinggal kukus dan blender, dimasukkan cetakan es batu/baby cubes kemudian dibekukan. Kalau jenis bayinya seperti bayiku yang jejeritan kalo ditinggal, maka pembuatan frozen food bisa dilakukan malam hari saat sikecil sudah tidur. Untuk buburnya, kubuat 2 hari sekali menggunakan slow cooker. Khusus untuk bubur, cukup disimpan dalam chiller dan maksimal pakai 2 hari saja. Menyiapkannya pun mudah, bubur dan puree sayur tinggal dicampur dan dihangatkan dalam pemanas/magic jar.

Menyiapkan menu terbaik untuk sikecil kadang memang ribet, kadang ga tega juga memberinya makanan tanpa gula dan garam sampai tahun pertama hidupnya, tapi untuk kesehatan dan kebaikan si kecil, its really worth to try..
Jangan menyerah, berusaha memberi yang paling baik saat ini demi masa depan sikecil nantinya, karena waktu tak akan kembali dan bisa diulang lagi kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s