Usia kehamilan 38 Minggu: Di Ujung Penantian

Kontrol mingguan ke RS, dan sekali lagi dicek panggul (cerita mengenai pemeriksaan posisi kepala bayi ada Disini ). Sekali lagi mengalami hal yang tidak menyenangkan, ditambah pemeriksaannya lebih dalam dari minggu lalu, artinya sudah pasti rasa sakitnya bertambah. Dokter Eston bilang jalan lahir sudah lunak, namun posisi kepala bayi agak jauh didalam.

Masih menurut beliau, kelahiran juga sebaiknya tidak melebihi 40 minggu, jadi aku diberi resep tambahan selain alinamin-F, berupa obat perangsang untuk mempercepat kontraksi yang diminum di minggu ke 39 (hari senin esoknya). Diharapkan kelahiran bisa terjadi di usia 39 minggu.

Setelah pemeriksaan, kami meneruskan untuk jalan- jalan ke mall, hitung-hitung supaya dedek turun lebih kebawah dan untuk mempercepat kontraksi. Entah karena capek atau pemeriksaan panggul, malamnya ada flek coklat muda yang jelas bikin aku cemas. Setelah sms dokter, dokter bilang itu wajar karena habis dilakukan pemeriksaan dalam. Sampai satu hari ini terlewat, flek masih ada namun sudah lebih samar. Dokter juga bilang, kita diminta santai aja dirumah dulu, tidak perlu ke RS jika kontraksi belum terjadi tiap 5 menit dengan durasi 40 detikan.

Kondisi fisik hamil 38 minggu:

Seperti sebelumnya, malam susah tidur karena susah menentukan posisi yang nyaman. Selain itu, saat dini hari perut sering berasa sakit dan keras sehingga posisi tidur lebih nyaman setengah duduk. Intensitas ke toilet untuk buang air kecil makin sering, dan rasa pegal pada pinggang dan punggung yang hilang timbul mungkin karena beban diperut yang sudah besar.

Setelah minggu lalu naik 2 kilo, minggu ini aku stop makan nasi dan menggantinya dengan oatmeal dan juice buah. Syukurlah beratku berkurang 1 kilo menjadi 69 kilo.

Tekanan darah 100/60 ( aku tidak tahu apakah termasuk normal atau tidak), dengan berat badan dedek di perut sudah mencapai 3 kilo lebih sedikit. Lilitan masih ada tapi ya tetep menurut dokter, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Resep obat :

  1. Alinamin -f 2×1
  2. Invitec 3 tablet dijadikan 12 kaps 2×1

harga : 57 ribu.

 

 

3 tanggapan untuk “Usia kehamilan 38 Minggu: Di Ujung Penantian”

  1. Saya juga diresepkan invitec 6 kapsul 2×1. Apa yang bunda rasakan setelah minum invitec? Apakah langsung terjadi kontraksi dan mempercepat proses kelahiran? Saya kebetulan sudah 39w dan bbj sudah 3,5. Dan masih belum bisa diet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s