Usia kehamilan 36 minggu: kontrol dan Survey Kamar RS

MenjelAng usia kehamilan 36 minggu, kontrol lagi ke RS Mitra Keluarga Waru. Bersyukur saat diukur berat badan hanya naik setengah kilo dari 3 minggu kemarin. Jika ditotal, kenaikan beratku cukup besar 18 kilo sejak sebelum hamil.  Tekanan darah normal, dan sejauh ini tidak ada gangguan berarti. Saat kuberikan hasil test lab, dokter Eston juga bilang tidak perlu khawatir dengan LED dan gula darahku yang diatas normal, juga merah2 di kakiku. Ibu hamil wajar mengalaminya ( dokter ini cukup santai dan pandai menghibur rupanya, 😀 meski begitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, aku tetap mengurangi asupan karbo dan mengganti karbohidrat simple dengan yang lebih kompleks) 

Kondisi hamil 36 minggu:

Perut semakin besaar, mungkin karena ruang geraknya menjadi sempit, dedek diperut gerakannya seperti menggeliat saja dengan intensitas makin padat. Meski begitu, saat menekan perut atas, bisa cukup membuat nafas tersengal. Beberapa kali perut juga bergetar terasa seperti gedoran, aku bertanya-tanya sehatkah dia didalam? Karena rasanya bukan seperti tendangan, lebih seperti gerakan gemetar/kejang yang kuat. 

Berat badannya sudah hampir 2,7 kilo, ada satu lilitan di lehernya, namun dokter bilang lilitannya cukup longgar dan jika hanya 1 lilitan tidak ada masalah untuk melahirkan secara normal.  dokter Eston juga bilang untuk bersiap-siap karena kelahiran biasanya terjadi pada usia 38 minggu. Surprised, karena kami bahkan belum menyiapkan kamar bayi dan perlengkapan untuk dibawa ke RS.

Kontraksi palsu masih belum terjadi, hanya rasa kaku dan kencang pada perut yang kuasumsikan gerakan dedek yang lagi nungging. Mulai rutin jalan pagi barang 15-20 menit mengitari kompleks. Jadwal kontrol kembali satu minggu berikutnya.

Kami juga melakukan survey kamar bersalin, ruang bayi  dan rawat inap di RS Mitra Keluarga Waru. Sayangnya ruangan bayi tidak digabung dengan ibu dan bisa berbeda lantai (ruang bayi di lantai 2, ruang rawat inap bisa di lt 2 ataupun 3 tergantung ketersediaan kamar). Tidur bersama bayi bisa di arrange jika kondisi ibu sehat dan berlaku untuk ViP room ( karena sekamar hanya diisi 1 orang).  Saat disana, sekalian menanyakan apa saja yang perlu dibawa saat lahiran, suster bilangnya cukup perlengkapan ibu dan satu stel baju bayi komplit untuk pulang dari RS. Artinya baju bayi dan perlengkapannya selama menginap disediakan pihak RS sehingga kita tidak repot lagi membawa banyak perlengkapan. 

Untuk harga dan fasilitas kamar, akan diposting di post berikutnya ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s