Usia kehamilan 35 minggu ; Diet yang cukup berhasil

Sejak usia kandungan 32 minggu dimana beratku menjadi 67,5 kilo dan diharapkan tidak naik terlalu banyak mengingat aku ingin melahirkan alami, maka aku berkomitmen untuk mengurangi asupan karbohidrat yang semasa hamil sangat kusukai. 

Aku membagi porsi makan menjadi 6 kali sbb. 

Pagi hari 06.00 : makan 3 lembar roti gandum dengan selai, segelas green tea seduh dengan / tanpa gula diet.

Jam 10.00 : cemilan apel/pear, 

jam 12.00 : nasi dan lauk lengkap (maksimal 4 sendok makan nasi, dengan porsi sayur dan protein diperbanyak), 

jam 14.00 : minum secangkir green tea latte/ kopi favorit (torabika choco granule) untuk pelepas ngantuk karena sejak hamil besar tidur nyenyak menjadi hal yang langka. 

 Jam 18.00 : 3 slices roti gandum, kadang ditambah kurma 2/3 biji jika masih lapar. Jika sedang tidak ada roti, aq minum bear brand ditambah 4 sdm quaker oat.

Kadang saat dikantor ada cemilan dan aku tidak bisa menahan diri untuk ngemil, aku melewatkan minuman berkalori yang kuminum jam 14.00, dan nyemil maksimal 2 potong kue saja.

Hasilnya, saat kemarin kontrol kandungan ( usia 35 w, 5d), bobotku hanya bertambah 0, 5 kilo menjadi 68 kilo. Masih nambah namun sudah tidak sebesar bulan-bulan sebelumnya (kenaikan wajar saat hamil kata dokter kandunganku berkisar 0,5 kilo seminggu)

Note: aku tidak makan roti tawar biasa dan roti putih lainnya ( yang sangat kusukai) karena indeks glikemiksnya lebih tinggi dibanding roti tawar gandum (IG berperan dalam naiknya gula darah dalam tubuh kita-makin tinggi IG berkorelasi positip terhadap kenaikan gula darah, diabetasi biasa menghindari nasi putih, roti putih untuk alasan ini). Roti gandum mengandung IG lebih rendah, mengandung serat yang bagus untuk memperpanjang rasa kenyang dan juga membantu kesehatan pencernaan sehingga lebih dianjurkan untuk mengontrol kadar gula dan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s