Usia Kehamilan 30 Minggu : Akhirnya Strechmark itu Muncul !!

Awalnya sejak kandungan berusia 26 minggu, pernah kutulis di posting sebelumya : Usia Kehamilan 26 Minggu; Kaki Super Bengkak kalo ada guratan tipis seperti cacing darah di pinggul/ perut sebelah kiri. sedikit saat itu, nah baru-baru ini, kudapati guratan itu menebal merah-merah ungu dan tambah banyak menjalar ke bokong kanan kiri atas dan paha kiri 😦

Jadinya browsing-browsing di google, dan itu ternyataaa…namanya strechmark. Momok menakutkan bagi wanita manapun. Selama ini, aku ga pernah punya strechmark, lebih ke selulit. jadinya sekarang mumet banget begitu tahu itu akan menjadi strechmark yang mengerikan, karena katanya ga bisa ilang. Duh! Masak iya, udah berselulit, ketambahan strechmark pula.

Strechmark di pinggul
Strechmark di pinggul

Padahal sejak usia kandungan 3 bulanan aku udah rajin oles minyak zaitun di kulit perut pagi dan malam. Memang sering terlewat untuk pinggul dan bokong karena kupikir bagian yang melar pastinya perut. Nah ternyata munculnya malah di bokong pinggul dan paha.

Katanya, nantinya gurat-gurat merah itu akan menjadi putih dan bikin permukaan kulit tidak rata. Selain Minyak Zaitun, aku pakai juga Glyderm (walau ga suka karena suka ‘mbolot’/berdaki) dan katanya sih, strechmark yang muncul lebih mudah disamarkan sejak dini saat warnanya masih merah kayak punyaku (tapi, kok malah nambah sih?)

Kenaikan BBku memang terhitung drastis. 4 bulan pertama masih turun, namun setelah itu hanya dalam 3 bulanan sudah naik 14 kilo!, terang aja kulitnya meregang ga keruan. Masih berharap yang terbaik, semoga guratan-guratan ini nantinya hilang setelah lahiran….

Kondisi fisik Hamil 30 Minggu (Selain Strechmark yang mengganggu):
1. Kaki tak pernah dalam ukuran normal, bengkak seperti kena kaki gajah, meski sudah disiasati tidur dengan kaki diatas, duduk dengan kaki disandar agak tinggi, dan kurangi garam, tetap saja bengkakk. Lemesnya nambah-nambah kalo dipake berdiri / jalan agak jauh. Kayak aliran darah turun ke kaki semua. Lemess sampai harus duduk dan sandaran dulu. Tungkai selain bengkak juga bewarna merah. Awalnya masih diatas mata kaki, lama kelamaan naik sampai setengah tungkai. Belum tahu kenapa sebabnya.

Kaki bengkak
Kaki bengkak

Kaki yg merah
Kaki yg merah

2. Mimisan. Sekali pas nunduk, tiba-tiba rasa hidung basah kayak ingusan. pas diseka, ternyata darah! Lumayan ngagetin karena banyak dan aku ga pernah mimisan seumur hidup. Tapi pernah baca bahwa ada kemungkinan dan merupakan hal yang wajar kalo mimisan saat hamil tua. Jadi ya, ga parno dan tenang saja.
3. Diare. Beberapa kali sakit perut seperti diremas-remas. Hilang timbul, sampai kupikir itu tanda-tanda lahiran (duh, jangan dong ya). Rasanya seperti lembung/usus dipilin, trus dilepas, sakitnya ampun-ampunan sampai bikin pucat, apalagi pas barengan dede’ geol geol di perut bagian atas sana. Duhh sakitnyaa.. Tidak bisa pup dan kentut juga. Solusi terbaik saat itu; Minum Norit. Biasanya setelah dua kali minum, ada perbaikan kondisi.

Tentang kondisi dede’ diperut, masih seperti minggu lalu; aktif menggeliat ke kanan kiri dan frekuensi sering. Gerakannya sudah mantap, kuat, dan kadang bikin sesak nafas. Mungkin karena ukurannya udah membesar dan tulang-tulangnya udah kuat.
Masih merasa Ajaib, bahwa ada mahkluk mungil yang jantungnya juga berdetak hidup didalam sana 🙂

One thought on “Usia Kehamilan 30 Minggu : Akhirnya Strechmark itu Muncul !!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s