Usia Kehamilan 28 Minggu

Kontrol lagi ke RS Mitra Keluarga, Waru. Kali ini, kondisi sedang batuk, flu berat.

Minggu-minggu ini, janin kelihatannya sangat aktif bergerak, namun gerakannya lebih seperti sentuhan daripada tendangan. Mungkin karena ruang geraknya semakin terbatas karena dia bertambah besar. Terlihat di monitor USG, posisi kepala sudah dibawah, jadinya sering menekan kandung kemih (itu sebabnya saat tertentu pipis rasa-rasanya sudah tidak mampu ditahan)

Janin didalam ini, hobinya menutupi sebelah wajah dengan tangannya.. sudah beberapa kali USG, terlihat tangannya asik menutup sebelah wajah πŸ˜€ Saat ini beratnya sudah mencapai 1,37 kilo. Normal menurut dokter, kecuali bahwa mommynya yang kelebihan berat badan. Kata dokter, normalnya kenaikan bumil cukup 2 kilo perbulan. Lha ini, sudah mencapai 4 kilogram.

Kondisi fisik hamil 28 minggu:
Sakit pada bokong udah hampir tidak ada digantikan sakit punggung (anehnya, justru suami sekarang yang sering sakit bokong- sama sebelah kirinya). Kram pada pagi hari juga berkurang frekuensinya. BAK masih sering, kadang kalo guyon sama suami dan ketawa kebangeten bisa keluar (dianya malah tambah ngakak), hiks.. 😦

Kedua telapak kaki membengkak, ukuran paha dan tungkai juga membesar dan keras, tungkai kaki mudah lelah, rasanya lemas sekali jika dipakai jalan sedikit. Mungkin akibat berat badan berlebih. Ohya, tidur juga sudah jarang lelapnya karena harus sering ke toilet dan susah mencari posisi yang nyaman.

Curhat ke dokter minta obat karena rasa Baal ditangan semakin menjadi, jadinya kulit sering tergores karena megang sesuatu mesti kenceng/erat.

Berat badan naik 4 kilo menjadi 64 kilo. Nafsu makan naik turun, tetep doyan makan cuma ga serakus kemarin-kemarin. Kali ini hampir tiap sore makan lupis menggantikan nasi (sudah berlebih karbo dan gula yang kukonsumsi)

Resep dokter:

– Bisolvon syrup (untuk batuknya)
– Cavit D3
– Obimin AF
– Cameloc 15 (untuk nyeri pada tangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s