Usia Kehamilan 29 Minggu

Mulai mencari perlengkapan bayi dan survey harga Rumah Sakit. Untuk biaya persalinan memang ditanggung kantor sih, sayangnya untuk kelas staff sepertiku, dapatnya kelas 2. Di mitra Keluarga Waru, untuk kelas 2 berisi 3 tempat tidur pasien. Ada fasilitas In Health dari Suami, untuk kelas 1, sayangnya tidak bisa diganti semua (ada batas maksimal yang bisa diganti)

Bicara perlengkapan bayi, berdasar masukan dan lungsuran :D, ada beberapa yang sudah kami siapkan. Rinciannya di post berikutnya ya.

Kondisi hamil 29 minggu :
Janin diperut aktif sekali bergerak didalam sana. di usia 29 minggu ini, hampir tiap 15 menitan dia menggeliat (ga tau deskripsi jelasnya- rasanya seperti begitu) atau menendang. Kalo pas menggeliat itu, rasanya seperti ada cacing/siput gede lagi jalan di perut šŸ˜€ gerakannya dari sisi ke sisi, kadang atas ke bawah, atau kanan ke kiri (suka-sukanya dia). Wondering, apa kira-kira yang lagi dikerjakan dede’ bayi di dalam?

Dede’ di dalam juga sudah respon jika mendengar musik atau suara papinya.. kalo diajak ngobrol atau disentuh, rasanya seperti bales nyentuh šŸ˜€
Tendangan atau gerakannya makin kuat, sehingga gerakannya selalu terlihat jelas di perut meski kita memakai baju.
Kadang seperti sedang mainan, habis elus perut kudiemin bentar dan diapun bereaksi bales menyentuh perut dari dalam.. rasanya, luarr biasa (terharu, eh)

Selain pengalaman menyenangkan seperti itu, kayaknya kenaikan berat badan dan perut yang makin gede cukup membuat kurang nyaman, terutama saat tidur malam. Selain rasa lemas di kedua tungkai jika dipakai berdiri sebentar / berjalan, bengkak di kaki dan gangguan tidur kerap menyertai.

Saat perut membesar, kadang kita bingung menentukan posisi yang nyaman. apalagi, perut seakan menekan dada, seakan ada katup terbuka disana yang bikin asam lambung kita keluar/ naik ke kerongkongan. Meski sudah diganjal bantal tinggi, rasa ‘terbuka’ itu masih mengganggu, dan kalo nggak lekas duduk, cairan pahit dari perutpun naik dan bikin ilang feeling.

Dari artikel yang kubaca, naiknya asam lambung itu diikuti rasa panas terbakar/ nyeri seperti ditusuk di dada (heratburn), tapi aku sih nggak ngalamin nyeri/panas di dada. cuma rasa ‘ada katup yang terbuka’ antara kerongkongan dan lambung dan ada rasa ga enak di kerongkongan (mungkin itu rasa panasnya, tapi kok ga didada ya?).

Gerakan tubuh saat hamil 29 minggu ini juga makin melambat, yang biasanya jalan cepat, kali ini jalan sedikit sudah sangat-sangat bikin kaki lemas. Nafas juga mudah ngos-ngosan, badan juga terasa gampang gerah, dan saat terbangun tengah malam, mata sudah sulit dipejamkan lagi. Jadinya sering begadang dan harus minum kopi supaya kuat melek saat kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s