Bicara Uang ; Menyiapkan Dana Darurat

Para perencana keuangan berpendapat, dana darurat adalah hal pertama yang harus disiapkan sebelum seseorang memutuskan berinvestasi. Sebenarnya apa sih dana darurat, dan fungsinya?

Seperti posting yang lalu tentang Perencanaan Keuangan Pribadi , Dana darurat adalah dana likuid (sewaktu-waktu bisa dicairkan), yang berguna sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi resiko mendesak yang tidak kita harapkan.

Hal-hal tersebut contohnya ; terkena PHK dari perusahaan, perbaikan kendaraan/rumah yang tidak bisa ditunda, dll. Dana cadangan hanya digunakan untuk keadaan yang “MENDESAK” saja. Ibarat sedia payung sebelum hujan, Dana darurat ini berfungsi sebagai payung cadangan selagi hari-hari kita kurang bersahabat.

Besaran dana darurat diharapkan berkisar 3-6 kali pengeluaran bulanan, jadi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya PHK, kita tidak kesulitan mencari sumber dana untuk membiayai hidup setidaknya sampai beberapa waktu kedepan.

Dana darurat ini karena sifatnya yang mendadak, sewaktu-waktu dibutuhkan; harus disimpan dalam bentuk simpanan yang mudah dicairkan seperti tabungan atau deposito jangka pendek. Emas juga bisa menjadi alternatif karena sifatnya yang likuid/ mudah dijual/dicairkan selain juga tahan inflasi.

Sebaiknya jangan menyimpan dana darurat terlalu besar lebih dari 6 kali pengeluaran, karena sungguh sayang kalau uang kita tidak bekerja dan hanya parkir di tabungan dengan bunga yang kecil selagi inflasi menyusutkan nilai mata uang. Gunakan kelebihan dana untuk mengembangkan uang ke instrumen investasi yang lebih menghasilkan.

One thought on “Bicara Uang ; Menyiapkan Dana Darurat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s