Pintar Mengelola Pemasukan

Jika digambarkan, kondisi keuangan tiap orang rata-rata ada pemasukan, dan pos-pos pengeluaran. Aliran uang ibaratnya seperti bak mandi dengan satu keran untuk mengisi air di bak, dan saluran pembuangannya merupakan pos keluar. Pos-pos keluar biasanya meliputi; biaya hidup, cicilan hutang, aksidental, tabungan, gaya hidup dsb. Bayangkan satu aliran kran masuk, mengisi bak, dan secepat itu keluar lewat lubang-lubang penguras. Besar kecilnya lubang penguras sangat mempengaruhi volume air yang tertampung/terkuras.

Semakin banyak air tertampung, maka posisi bak akan aman, artinya sewaktu-waktu dibutuhkan, selalu tersedia air untuk digunakan. Demikian kondisi keuangan kita; yang kita lakukan untuk menjaga kekayaan adalah dengan memastikan air/ Pemasukan yang masuk lebih banyak daripada yang terkuras/ dikeluarkan. Caranya dengan menekan pos pengeluaran atau menambah keran pemasukan. Lebih baik lagi jika Menambah keran pemasukan dan bisa memperkecil lubang pengeluaran.

Jika memang kita hanya mempunyai satu sumber pemasukan, maka harus dilakukan cara untuk memangkas/memperkecil lubang pengeluaran-pengeluaran. Saat ini banyak aplikasi dari ponsel untuk memonitor pengeluaran kita agar tidak bocor tanpa tahu kemana larinya uang kita, tinggal search keyword ” budgeting”, maka akan banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk diunduh dan kita gunakan memonitor pengeluaran kita.

Gunakan patokan umum berapa budget untuk pos-pos rutin dan hutang seperti diulas di post Perencanaan Keuangan Pribadi , dan belajarlah tertib untuk menggunakan uang tidak lebih dari budget yang sudah dirancang. Jika perlu, lakukan review mana pos-pos yang tidak urgent, sehingga bisa dihilangkan untuk dibayarkan kepada pos lain yang lebih mendesak. Misalnya pos untuk entertaint/ membiayai gaya hidup bisa dihapus sementara untuk menutup hutang kartu kredit agar kita tidak semakin terbeban bunga tinggi.

One thought on “Pintar Mengelola Pemasukan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s