Keluhan Hamil ; Pelvic Girdle Pain (PGP)

Beberapa ibu hamil mengalami keluhan-keluhan yang cukup mengganggu aktivitas selama hamil. Aku sendiri meski tidak mengalami muntah pada trimester pertama, ternyata akhirnya mempunyai keluhan yang cukup menyiksa. Setelah browsing-browsing beberapa laman kehamilan, aku curiga kalo keluhanku ini namanya PGP, singkatan dari Pelvic Girdle Pain.
Kuambil dari link laman http://www.babycentre.co.uk berikut pengertian PGP:

PGP Pelvic Girdle Pain, disebut juga Sacroiliac Joint Pain, merupakan sakit nyeri sendi saat hamil. dalam kasusku, nyeri pada tulang ekor pada kehamilan awal, dan menjalar ke pantat kiri pada trimester kedua. Nyeri ini disebabkan tubuh yang memproduksi hormon relaksin untuk melemaskan / melenturkan ligamen, jaringan penghubung antar sendi sebagai persiapan tubuh untuk mempermudah kelahiran bayi.

Nah efeknya, karena jaringan antar sendi itu tadi melunak, membuat pergerakan antar sendi menjadi lebih sensitif dan akhirnya menyebabkan nyeri. Nyeri ini, pada kehamilanku dimulai 23 minggu sangat menyiksa terutama ketika menggeser tubuh, membungkuk (sudah tidak bisa jika tidak menekuk kaki), bangkit dari duduk/berbaring bahkan saat tubuh sedikit miring. Berjalan jadi tertatih-tatih kayak mau lahiran.

Keluhan ini diderita setengah dari calon ibu, dan seperempat wanita yang sudah menjadi ibu pernah mengalami PGP ini.

Gejala PGP :

Nyeri terkonsentrasi pada salah satu bagian bokong atau malah bergantian. Umumnya disertai nyeri panggul/punggung dan pinggul. Karena nyeri tersebut, salah satu kaki mungkin terasa sangat lemah.

PGP bisa terjadi dimulai dari trimester awal atau beberapa hari sebelum melahirkan. Meski sangat umum dan menyiksa, tampaknya PGP ini tidak dipahami secara luas oleh kalangan medis.
Terapi yang mungkin bisa dicoba adalah datang ke fisioterapis atau akupunturis yang berpengalaman menangani ibu hamil, berhati- hati dalam bergerak dan mungkin akan diberikan sabuk di panggul (yang dari browsing pula kutahu ada beberapa jenis mulai dari maternity belt, maternity girdle, dan support harness; masih mencari sabuk yang paling tepat dengan kualitas bagus ), namun yang pasti jangan mencoba melawan rasa sakitnya dengan bergerak.

Jika saat bergerak terasa sakit misalnya saat akan berdiri atau mengambil gelas dimeja, cobalah cari posisi lain untuk melakukannya. Saat berjalan, lengkungkan tubuh dan ayunkan tangan untuk menstabilkan panggul.

Sudah beberapa kali nanya ke 3 dokter kandungan yang berbeda, sejak trimester awal saat tulang ekor terasa sakit, jawabannya hal ini memang normal terjadi. Dokter tidak meresepkan apapun kecuali kalsium ibu hamil, padahal nyerinya ampun-ampunan sampai bergerak saja susah.

Saat ini yang bisa kulakukan hanya mandi dengan air hangat, berupaya tidak terlalu lelah fisik (terlalu banyak berdiri/duduk), dan mengoleskan counterpain pada daerah pinggang kiri sampai paha. Cukup membantu sejenak meski harus selalu dioles.

3 tanggapan untuk “Keluhan Hamil ; Pelvic Girdle Pain (PGP)”

  1. Alhamdulillah kalau ternyata itu normal…kehamilanku baru 12 minggu. Subhanallah… sakitnya ini bokong… klo duduk rasanya kyk hbis perjalanan jauh ya Allah sakit banget… tp setelah tau itu normal. Yaudah di nikmati sj. Awalnya cemas. Takutnya ada apa2. Sangat membantu artikelnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s