Usia Kehamilan 23 Minggu

Sabtu 2 Mei 2015 memakai fasilitas In Health dari kantor suami untuk kontrol kandungan di RS Mitra keluarga Waru.

Hasil USG di RS Mitra tidak terlalu jelas, mataku masih susah payah mencari yang mana dan bagian tubuh apa yang dijelaskan oleh dokternya. Meski begitu, dokternya, dr. Eston Aryawan H, Sp. OG sangat telaten menjelaskan bagian-bagian tubuh janin didalam sana. dan setelah penantian beberapa kali USG, akhirnya terungkap jenis kelamin dede didalam. Dokter bilang, ada peluru dan pistol disana 😀 Papinya pun senyum-senyum seneng dengernya.

Berkat kontrol disini pula aku dapat ijin minum kopi. Dokter bilang ” orang hamil bukan orang sakit”, apa saja bisa dimakan asalkan dengan porsi sehat. yang jadi pantangan makan ibu hamil adalah makanan mentah/ setengah matang seperti lalapan, steak setengah matang dll (dikhawatirkan mengandung tokso & Parasit) dan mungkin sementara menghindari kerang-kerangan karena isunya (belum benar-benar terbukti) bisa membuat anak autis. Untuk Kopi, diperbolehkan asal jangan terlalu sering.

Usia kandungan menurut USG berkisar 23 minggu atau 6 bulan kurang seminggu. Ada selisih umur kandungan sekitar semingguan, namun katanya sih itu juga wajar. Berat janin usia 23 minggu ini 601 gr.

Kondisi fisik hamil 23 minggu:
Sakit tulang ekor sudah tidak berasa, beralih pada bokong dan punggung. Sakit pada bokong sebelah kiri, rasanya kayak ada bagian tertentu disana yang letaknya gak pas. Mau pindah posisi sedikit saja bisa langsung terasa ngilu seperti orang keseleo. Lagi-lagi, dokter bilang itu wajar, dan berdasar hasil browsing di google, keluhan-keluhan nyeri seperti itu namanya pelvic grindle pain (PGP). Frekuensi Kram lebih sering, sampai ga berani ‘ngulet’ takut tiba-tiba kram. BAK makin sering sampai malas berpergian jauh.

Berat badan naik 2 kilo (lagi, hanya dalam waktu 2 minggu ) menjadi 60 kilo. Sudah melampaui target naik maksimal 10 kilo. Mulut makannya masih kayak lokomotif, jadi cinta banget sama coklat dan kue pukis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s