Hamil, …Tidak Hamil ??? (Diagnosa Keliru)

Awalnya tanggal 20 Desember 2014 datang haid keduaku sejak menikah. Lebih cepat 1 atau 2 hari dari perkiraan. Kukira masih normal ketika hari pertama hanya muncul flek coklat. Namun ternyata sampai 2 hari berikutnya tidak ada darah segar yang keluar. hanya flek-flek coklat biasa. Mulai cemas, karena biasanya haidku deras dari hari ke 2 sampai hari keempat dan baru bersih setelah 7 hari. Tidak terpikir kemungkinan hamil, karena seminggu sebelumnya hasil test pack ku negatip. Perhitunganku simpel saat itu, aku menghitung masa suburku tanggal 6-9 Desember 2014, tanggal 14 berikutnya kulakukan test pack (katanya kehamilan bisa dideteksi setelah 7 hari berhubungan) dan hasilnya negatif.

21 des bercak

Khawatir terjadi apa-apa, 22 Desember 2014, aku berkonsultasi dengan obgyn di jombang. dari hasil USG, dokter menyimpulkan bahwa keadaanku normal, rahim bersih (tidak ada kista/miom) hanya terjadi penebalan dinding rahim yang belum luruh menjadi mens. dan ketika aku berkeras menunjukkan bercak haid yang telah kufoto sebelumnya, dia bilang rata-rata perempuan baru menikah mengalami haid tidak teratur/ problem sepertiku. Dia meresepkan Provula (Hormon penyubur) dan menyarankan untuk melakukan hubungan pada tanggal 31 Des, tanggal 2 & 4 Januari.
kartu dr

resep

Pulang dari dokter, bukannya tenang, aku tetep tidak percaya kalau darah haidku terbilang normal. Aku percaya tubuhku berbicara dengan caranya sendiri. dan aku menangkap bahwa ada yang tidak normal dari tubuhku kali ini. Bercak masih keluar berupa butiran-butiran merah, bentuknya seperti padi tenggelam di dasar toilet.

Sebelum meminum resep yang diberikan, (dokter bilang obatnya harus diminum malam itu) aku browsing tentang Provula dan mendapati bahwa kontra indikasinya adalah kehamilan. Aku ingin hamil cepat, dan sangat tergoda meminumnya. Namun setelah browsing sana-sini, kuputuskan menunda minum obatnya sampai besok setelah dilakukan test pack. Asumsiku, jika aku hamil saat itu aku akan kehilangan kesempatan punya bayi jika minum obatnya karena kontra indikasi obat tersebut tidak aman untuk kehamilan.

Esoknya agak siang di kantor, kuputuskan melakukan test pack (Bercak masih terjadi saat itu) tes pack lebih akurat dilakukan pagi tapi karena alatnya dikantor dan aku sepagian sibuk, baru bisa melakukannya pas selesai makan siang. Harap-harap cemas saat menunggu hasilnya, yang ternyata tampak satu garis merah jelas (negatif) dan satu garis super samar (2 garis merah berarti positip). Ketika kutanya teman-teman, mereka ya sama bingungnya. Namun satu teman kantor, seorang suami bilang, bahwa kemungkinan aku hamil. Dia menyarankan aku tidak meminum obatnya dan menunggu beberapa hari untuk test pack lagi karena istrinya pun dulunya mengalami sepertiku. Thanks to Mas Aldrin. Konsultasi berikut ke kakak perempuanku yang ternyata mengalami hal yang sama saat hamil anak pertama.

23 des tp

Butuh waktu sampai seminggu lagi untuk benar-benar melihat 2 garis merah itu. dan ketika akhirnya tanggal 2 januari aku periksa ke dokter di sidoarjo, berita yang ditunggupun tiba. Aku 100% hamil dengan usia kandungan 6 minggu, kantong kehamilan baru terbentuk di dalam rahim.

31 des tp

2 jan tp

USG

Bersyukur, saat itu mau menunggu, mau mengikuti bahasa tubuhku dan mendengarkan saran orang lain. Apa jadinya jika kuminum obat penyubur yang mungkin malah meluruhkan bakal janinku saat itu? Aku tidak menyalahkan dokter obgyn pertamaku, namun para wanita hendaknya tahu kandungan obat-obat yang diresepkan agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya merugikan kita sendiri.

Postingannya panjang kali, semoga berguna buat para calon ibu lain yang ngalami problem sepertiku.

26 tanggapan untuk “Hamil, …Tidak Hamil ??? (Diagnosa Keliru)”

  1. Halo Ibu Vita….
    Salam kenal. Nama saya Sandy. Saya mengalami hampir serupa dengan Ibu Vita. Kalau boleh saya tau, flek coklatnya berlangsung berapa hari?dan bagaimana rasa tubuh anda?apakah bagian pinggang belakang sakit?saya baru saja periksa ke dokter dan di USG hasil negatif. Sampe laborat negatif juga. Apakah itu dah pasti saya negatif?

    1. Hai Sandy,
      Saya alami flek coklat cukup lama, awalnya seminggu seperti haid. Karena kandungan lemah, flek berlanjut terus sampai beberapa minggu. Kalo kondisi tubuh, rasanya super lelah, gampang ngos-ngosan dan perasaan sensitif jd gampang nangis. Mungkin tiap orang reaksinya beda. Kl boleh tau, udah berapa lama flek seperti itu? Karena awalnya saya juga dibilang gak hamil dan hasil test pack negatif. Mungkin bisa ditunggu seminggu lagi untuk test pack. Semoga hasilnya jadi positip yaa..yang pasti jangan minum obat2an penyubur dulu.

  2. Halo mba vita…saya kebetulan jg 6 hr ini sudah telat haid dan ini kali pertamanya…di hari ke 4 haid saya coba TP pagi hari dan hasilnya garis pertama jelas dan yang kedua samar. Dihari ke 5 dan ke 6 ini muncul flek spt yg mba tp hanya sedikit…badan rasanya pegel2 dan was2 kira2 bakalan keluar haid atau tidak. Selama menjaga hari2 slanjutnya konsumsi apa yg sebaiknya diperbanyak untuk menjaga tubuh ya mba?

    1. Hai Fitria…waah selamat yaa test packnya udah 2 garis. Konsumsi asam folat, buah dan makanan bergizi. jangan dulu makan kerang-kerangan, sayuran /makanan mentah. Kata dokterku sih gapapa makan apa aja asal dengan porsi cukup. Tapi aku menghindari durian, tape, nanas selama hamil walopun pengen banget.

  3. Halo mba vita..mlm ini aq juga lg resah bgt…aq udh telat pas hr ini 2 minggu..hasil tp dua garis yg satu agak samar tp dr kmren aq keluar darah coklat tes..3 hr yg lalu aq udh Smpt ke dokter bawa hal tp d blg positif tp br di USG blm keliatan apa apa..dan aq d kasi obat sama dokter tp ga aq minum slnya br aq browsing obat itu krg tepat utk ibu hamil..krn obatnya utk wanita yg memiliki gangguan masa haid..yg jd pertanyaan aq apa yg hrs aq lakuin krn dr kmren ampe hr ini aq ngalamin flek kecoklatan…punggung sakit ..pd juga nyeri

    1. Hai Asmi,
      Kalo 2 garis, meski samar mestinya hamil yaa…iya, kalo masih usia 2 minggu belum keliatan janinnya. Biasanya disuruh kembali lagi 2 minggu berikutnya. Kalo flek nya banyak n terus2an mungkin kayak aku waktu itu dibilang kandungan lemah. Harus banyak istirahat.

  4. Hallo bunda vita ..
    Bun , aku tgl haid ngeluarin flek dikit’ keluar tp uda 3hari aku pakai pembalut sama sekali blm keluar darah segar .. Soalx biasax aku ngeluarin flek bbrp kemudian psti lngsng darah segar .
    Terkadang pusing bgt , perut jg mules’ ky haid gtu , kdg bengkek jg .. Bingung bun ..
    Aku mau TP takut kecewa , soalx uda lama pingin bgt hamil ..
    Terimakasih bunda ..
    Salken dr sy saja .. Inung

    1. Hai mb Inung,
      Salam kenal yaa…
      Seorang teman pernah bilang ke saya, kalo anak itu titipan. Dianya sendiri 6 thn menikah baru istrinya hamil. Pas ada juga yang beruntung dititipi cepet, saya misalnya. Padahal dari awal saya dan calon suami waktu itu sepakat untuk adopsi, kalo2 tidak dikasih. Mengingat usia saya nikah 33 thn jd kami pasrah sama yang diatas.

      Saya bisa membayangkan rasanya berharap punya momongan, tapi bagaimana persisnya perasaan mbak, tentu tidak nyampe dibayangan saya ya. Saya harap mba Inung tetap ikhtiar, dan percaya bahwa entah hamil atau tidak, itu sudah merupakan yang terbaik dari Tuhan yaa..

      Saya doakan, semoga positip dalam waktu dekat. Aminn..
      Sabar yah mba,
      Hugs n kiss…

  5. Halo mbak vita,
    Saya mau tanya, saya bln agustus tgl 17 haid banyak dan hanya 2 hari, bulan ini haidnya aneh, tgl 12 mlm saya haid biasanya lewat tgl 17 baru haid, awalnya merah gelap, hr ke 2 jd cokelat sd hr ke 4 ini masih juga mengeluarkan warna cokelat. Pertanyaan saya, apa saya sdh tergolong hamil? Trus apa saya perlu kedokter, krn takutnya kan dokter kasi saran aneh2 lg.. Kalau masih keluar bercak cokelat nya apa biasanya kalo tes pack sudah ada hasil? Tolong dong dijawab, soalnya penasaran bgt..

    1. Hai Fransisca,
      Kalo soal hamil nggaknya, lebih pas pake test pack saja. Untuk hasil lebih akurat pakenya pagi hari ya bangun tidur.

      Maaf telat nih balesnya, semoga hasilnya positip yaaa…

  6. Hai mba Vita,
    Salam kenal, saya Hilda. Sya jg ngalamin spt yg mba ceitakan diatas. Tapi ada sedikit perbedaan, haid saya maju 1minggu dati tanggal biasa, tetapi hanya flek2 saja, jika saya pakai pembalut flek tsb tdk keluar. Hari ini sudah hari ke-5 saya flek. Saya blm berani TP, karena takut ‘Zonk’. Badan saya juga merasa tdk enak, pinggang belakang saya merasa panas, perut saya sering gak enak & pusing serta mual. Kira2 kapan waktu yang pas saya TP ya ?
    Semoga ada kabar baik.. Aamiin .. πŸ™‚

    1. Hai juga mbak Hilda,

      Sama, saya dulu juga deg deg an pas mau test pack. Takutnya ga ada isinya, rasanya takut. Ngarep trus dijatuhin itu sakiit…heheehe..

      Tapi gapapa kok mbak, dicoba aja pake test pack dulu. Pakenya pagi hari yaa.. Semoga jadi. Amiinnn…

  7. Menurut ilmu kebidanan flek yg dialami bunda ini bukan bagian dari menstruasi, melainkan dari proses nidasi alias menempelnya janin ke dinding rahim sehingga menimbulkan perdarahan yg berupa flek. Flek bisa terjadi 6-14 hari setelah berhubungan. Test pack memang baru mendeteksi hormon hcg sekitar 4 minggu kehamilan, dan terus meningkat..makanya di awal2 kehamilan hasilnya msh negatif(belum terdeteksi). Dan hormon hcg tidak terdeteksi lg ketika kehamilan sdh 6 bulan berjalan. Smg bermanfaat bwt para bunda.

  8. Mbk….saya jg telat haid 12 hari,,sempat test dan hasilnya garis dua dengan salah satu garisnya buram banget,teman teman banyak yg bilang saya hamil,,2 hari setelah tes yg pertama sy tes lg dan hasilnya garis 1 terang,dan kemarin sempat usg,dokter bilang blm hamil,tp belakangan ini saya mengalami keram perut, muntah d pagi hari n mlm hri,,pusing jg,,apakah saya hamil?apa perlu sy periksa ke dokter spog yg lain??

  9. Hai Mba, seneng banget saya nemu artikel ini.. Dapet nemu dr Image yg nunjukin flek yg sama dengan yg saya alami 3 hr ini. Saya sgt berharap semoga tanda flek ini adalah tanda kehamilan juga untuk saya, skrg saya degdegan nunggu apa besok masih flek atau udh jd darah seger, kebetulan tgl 23 besok harusnya saya haid.
    Mau testpack tp takut terlalu dini, soalnya kmrn jg sempet demam 2 hari dan dikasih obat paracetamol sm Dokter..
    Setelah saya baca artikel ini saya memutuskan untuk gak minum lg obat itu krna demamnya jg udah reda dan badan saya udah enakan..
    Makasih mba sharing pengalamannya. Bermanfaat sekali πŸ™‚

    Salam,
    Rani, yg 2 tahun lebih berharap bisa hamil=D

    1. Hai mbak Rani,
      seneng bahwa sharing saya berguna krn tujuan saya cerita merupakan bentuk kepedulian terhadap teman2 yang mungkin pernah ngalamin yg saya alami. Ditunggu kabar baiknya yaa… 😊

  10. Hai mbaakk…salam kenal…
    Seneng banget baca artikel2 semacam ini… Rasanya dag dig dug serrr… Apalagi kalo uda mendekati haid…Aq mau tanya mbk,selain keluar flek coklat, mbak ngrasain gejala apa aja di tubuh mbk? Mngkin seperti payudara/puting nyeri,mual,muntah atau lain2? Aq lagi H2C nih..uda mendekati jadwal haidku.tp ga ada tanda apa2 seperti mau haid…semoga bulan ini dapet tiket H 😣😣😣

    1. Hai mbak Putri…
      Dulu sih berasa sensitif, baperan kyk mau mens kali ya. Jadi terasa ga biasa karena aku kalo mau mens ga pernah emosian. Pernah pas pindah kekantor baru, harus jalan kaki 1 kiloan dari jalan besar. Ditengah2 jalan aku nangis ga jelas gitu πŸ˜‚
      Yang kedua aku inget, badanku lemeess lelah banget. Naik 3 lantai biasanya oke, ini lemes pucet sampe satpam siap sedia mau gendong…(maunya dia kali yaa..hahaha)
      Itu sblm aku tau kalo ternyata lagi hamil 😁😁

      Semoga cepet nyusul yah mbak…kl.perlu beli ovutest utk liat masa subur yaa

  11. Halo mba.vita ..
    Akhir nya aq nemuin postingan photo flek yg saat ini aq alami juga mba.vit ..
    Aq udh telat haid bbrp Minggu ini.
    Pascah 3 bulan yg lalu aq HSG. Haid aq lancar .. dan alhamdullilah hasil nya Patent.
    Dan saat ini aq lagii telat haid. Udh seminggu ini aq flek terus2an SM sprt picture yg mba.vit posting. Terakhir aq haid tgl.6_12 Des dan setelah itu bbrp kemudian aq Kel flek gitu di tgl.29-30des saja .. dan sampai saat ini aq blm DTG tamu bulanan nya ..
    Apakah kemungkinan aq sedang hamil atau tidak ya Bun.. ☺☺ mohon pencerahan nya Bun..

    1. Hahaii….mbak Nola
      Hehehe…aku bukan dokter nahh…coba cek pake test pack dulu, pakenya pagi2 pas bangun tidur.. Semogaa pengalaman kita sama yahh. Aku tunggu kabar baiknyaa…

  12. Halo mbaa semoga masih aktif jd bs dapat balasanπŸ™πŸ» Mba aku jg ngalamin ini. Jadi aku terakhir dapet tanggal 14 agustus 2018.
    Pas september aku telat sekitar 2 minggu. Sampe tanggal 29 september aku keluar kaya mens, tp awalnya bukan spotting.
    Darah nya coklat kadang merah muda, keluarnya sedeng (ngga sebanyak mens)
    Hari kedua dan ke tiga keluarnya cm sedikit kaya yg di gambar mba. Keluar saat cape doang.
    Akhirnya aku memutuskan langsung ke dokter tgl 2 oct 2018 karna aku udh nunggu setahun untuk hamil. Jadi aku ga mau geer dulu. Jd mau periksa tkt ada yg ga normal dengan mens aku.

    Dan wkt di usg, alhamdulilah dokter menyatakan hamil, jadi baru terlihat kantong. Embrio nya blm ada jd kurang lebih masih 2 minggu
    Dokter jg ga bahas ttg flek , karna masih proses pembentukan janin, dokter kasih penguat utrogestan yg di masukin ke miss V, folamil, dan ada 1 obat namanya diaformin (ga ngerti ini buat apa)

    Nah setelah tau, yg jelas senang, campur aduk, khawatir jg karna spot ini, trs wkt itu cape abis kerja jd . Malemnya ngucur aga banyak tp sekali. Bikin aku drop bgt takut kenapa2.
    Besok nya masih netes2 lg warna merah muda

    Sampe hari ini tanggal 4 (6hari)

    Saya linu setiap ngeliat nya . Saya mikirin terus kapan berhentinya. Apa saya harus konsul lagi atau memang mba juga sama seperti ini?

    Saya harus kembali ke dokter 3 minggu lg buat memastikan embrionya sudah di dalem kantung mba

    Dtunggu jawabannya terima kasih

    1. Hai Fany…
      Duh selamat yaa udah positif. Kalau dirasa flek terus, harus kurangi bergerak atau jangan capek2. Dan kalo darahnya ngucur, bukan hanya flek dan banyak, sebaiknya jangan nunggu 3 minggu. Coba kontrol lagi kedokter yah. Aku bukan dokter, tapi kurasa saat hamil mestinya darah tidak mengucur. Kurasa paling tepat memang harus konsultasikan secepatnya.

      1. Wahh alhamdulilah udah di bales. Oh ya mba aku baca balesan komen mba yg ini :

        β€œSaya alami flek coklat cukup lama, awalnya seminggu seperti haid. Karena kandungan lemah, flek berlanjut terus sampai beberapa minggu.”

        Berarti kl awal seperti haid lebih banyak dari yg d foto ya mba?

        Sebenernya ga ngucur banyak si mba cm memang jauh lbh banyak dr yg d foro mba aja

        Besok nya keluar dikir. Ampe skrg udh 9 hari jg masih keluar sdikit2

        Mba jg berlanjut beberapa minggu yah? Dulu d kasih obat sama dokter ga?

      2. Flek yg kualami itu seperti mens hari keempat gitu. Agak lebih banyak tapi bagiku yg biasa banjiir dan seminggu durasinya, jd aneh. Ga biasanya aku haid sedikit πŸ˜†
        Aku diresepin kalo ga salah utrogestan/ penguat kandungan (selain vitamin2) krn memang agak lama flek terus menerus. Kadang malam sampai pagi bersih, dipake kerja keluar lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s