Trimester Pertama

Ini masa-masa paling berat rasanya bagi banyak calon ibu. Aku pribadi tidak merasakan muntah. Mual iya, tapi lebih seperti pas maag nya kumat. Mual tapi ga bisa muntah. Kepala rasanya berat, berjuang terus melawan rasa lelah berkepanjangan karena tetep harus kerja, energi rasanya terkuras habis. Pernah, saat belum tahu bahwa aku hamil, aku naik turun tangga ke lantai 3 kantor. Rasanya mau pingsan. Padahal itu hal yang biasa dilakukan tiap harinya. Tapi syukurlah, semua bisa dilewati dan kerja tetep on time sesuai jadwal. Hamil bukan alasan untuk memanjakan diri kan?

Selain rasa letih lelah dan mual, hidung juga lebih sensitif terhadap bau. Efeknya sudah bisa ketebak; males makan. Trimester awal, aku ga doyan daging, sebel kalo ada masakan berbumbu tajam macam bau bawang (bakso, rendang, rawon). Sukanya sayur sama ikan goreng tok.

Katanya sebagian ibu hamil akan terlihat lebih glowing/ lebih cantik, ada pula yang nggak. Aku salah satunya yang terlihat elek. Pake ‘U’ didepan dan tambahan ‘K’ dibelakang pula. UelekK! (Artinya jeleknya banget) kulit wajah menjadi kering & gatal, rambut yang biasanya jatuhnya enak tanpa perlu disisir jadi berdiri tegak kayak serabut kelapa. Apalagi dengan hidung yang super sensitif, aneka bau lotion jadi nggak suka. berhenti pakai krim-krim aneka macem. Pokoknya kehilangan selera terhadap fashion dan make up.

Yang paling menakutkan, flek coklat yang keluar hampir tiap hari selama 2 minggu sejak desember tgl 22. Dokter bilang kandunganku lemah, dan diresepkan penguat. Meski begitu, sedikit saja aktivitas berlebih (misal naik tangga dan jalan sediikit jauh) flek langsung nongol lagi. Jadinya kalo ada perlu antar dokumen ke atas terpaksa minta tolong OB. Hal yang ga pernah kulakukan sebelumnya. Demi dedek didalam, tidak apalah merepotkan orang lain sebentar..

Menginjak 3 bulan, badan sudah terasa lebih enak. Gangguan mual masih terus terjadi. Mungkin lambung jadi sensitif juga saat hamil. Fisik udah bisa diajak kompromi. Lega, akhirnya wilayah ga nyaman itu terlewati ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s