Keluar Negeri Pertama Kali, Apa yang Perlu Disiapkan ??

Paspor
Dengan banyaknya promo penerbangan murah, wisata ke luar negeri bukan lagi menjadi barang mewah belakangan ini. Hanya dengan modal minim, kita bisa pelesir ke berbagai destinasi diluar sana, sekaligus berinteraksi dengan orang-orang baru dengan berbagai latar belakang. Berikut saya berikan sedikit langkah utama yang perlu dilakukan untuk persiapan ke luar negeri:

1. Paspor & Visa
Ini adalah yang utama. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan negara dan wajib ditunjukkan saat kita melakukan perjalanan antar negara. Seperti KTP, paspor memuat biodata kita serta riwayat perjalanan antar negara. Untuk pengurusannya juga tidak rumit dan bisa dilakukan secara online di situs Imigrasi

Visa merupakan dokumen yang berupa ijin untuk memasuki suatu negara beserta durasi waktu yang ditentukan. Beberapa negara diluar ASEAN mewajibkan visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung. Untuk pengurusan visa, kunjungi dulu situs online kedutaan negara yang dituju untuk mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan.

2. Tiket
Paspor dan Visa ready, langkah berikutnya tentu membeli tiket untuk ke negara tujuan. jika diperlukan transit berilah jarak minimal 3 jam dari kedatangan menuju keberangkatan selanjutnya. Ini untuk berjaga-jaga jika pesawat kita delay/terlambat datang padahal kita juga masih harus melewati imigrasi. Ada garansi jika kita membeli tiket terusan/ connecting flight. Suatu kali pernah kedatangan pesawat saya terlambat sejam dari Beijing ke Kuala Lumpur dan akhirnya ketinggalan pesawat yang menuju Surabaya. Cukup siapkan tiket dan laporkan kepada petugas maskapai, dan keberangkatan kita akan diurus.

3. Mata Uang Asing
Sedikit ribet jika kita berpergian tanpa menggunakan travel agent, karena kita harus mencari tahu, menghitung berapa anggaran transportasi disana, hotel dan harga makanan sebelum bisa memutuskan berapa nominal yang harus kita bawa. Bagi penyuka kenyamanan, biasanya menggunakan jasa travel lebih dipilih. Kita hanya perlu membayar biaya paket, dan tinggal bertanya pada konsultan travel berapa biaya hidup layak selama diluar negeri. Sedangkan untuk Backpacker seperti saya masih harus menyiapkan rangkaian itinerary, map, anggaran, hotel dan sebagainya.

4. Bagasi & Barang Bawaan
Sesuaikan pakaian dengan musim disana, dan berpakaianlah sesuai kearifan budaya disana. Hindari memakai perhiasan berlebih yang bisa memancing orang jahat. Oh ya, pastikan barang bawaan tidak melebihi batas yang diijinkan jika tidak ingin membayar biaya lebih di Bandara, dan bawalah perlengkapan mandi dalam ukuran mini karena dilarang membawa cairan melebihi 100 ml.

Selamat berlibur 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s