Do It Yourself, Save your Money and Love the Earth…

Ceritanya bermula beberapa hari kebelakang saat akhirnya punya kaus baru yang matching sama wedges hijau kuning yang tidak pernah dipakai sejak membelinya tahun lalu. Ndilalah, begitu membuka kotak sepatu, akupun kecewa berat karena lapisan kulit sintetis tampak mengelupas di beberapa bagian.

Dengan pertimbangan cacatnya tidak terlalu terlihat, Jumat itu akhirnya terpakailah wedges kuning berpadu dengan T-shirt Kuning, Boyfriend jeans, kalung hijau dibalut Blazer hitam untuk kesan formal di kantor. Aman, penampilan cukup edgy dan eye catching.

Malapetaka terjadi esoknya, kelupasan makin banyak dan bikin kheki berat karena sandal yang sebenarnya cantik itu jadi perhatian karena kelupasannya yang bikin malu. Tak bisa lebih malu lagi kalau penampilan sudah Ok, tapi sandal bocel-bocel.

Tidak rela membuang wedges yang baru (karena belum sekalipun dicicipi), dan berbekal tontonan tiap sabtu-minggu pagi di NET TV tentang fashion, semalaman kucari info dan buka-buka youtube untuk menemukan edisi cara meremajakan sepatu-sepatuku yang lumayan banyak tapi terbengkalai tak terawat karena kemalasanku 😦

Setelah beberapa jam, edisi yang kucari tidak ketemu, namun ternyata Youtube mengarsip banyak sekali video sejenis. Tinggal search ‘DIY’, dan taraaaa…muncullah banyak sekali video-video kreatif tentang peremajaan barang usang kita. (thanks to Youtube πŸ˜€ )

Menarik mengetahui, bahwa kita bisa membuat barang usang menjadi layak pakai kembali. Untuk kasus sandalku, ada beberapa cara yang kuterapkan untuk mereparasinya. Awalnya kusapu dengan cat acrylic, tapi hasil sapuanku terasa kurang halus meski warna campuranku cukup mendekati warna asli wedges (hijau muda, putih dan kuning).

Polesan berikutnya kugunakan Pylox yellow, warnanya berbeda dengan warna asli wedges, tapi hasilnya cukup halus dan terlihat lebih glossy. Sengaja tidak kuwarna bagian bawahnya, agar warna tidak monoton dan terlalu cerah.

Dibutuhkan kurang dari 2 jam untuk mewarnai sandal dan mewarnai kaos oblong tak terpakai. Hasilnya…? tidak terlalu memuaskan, tapi juga tidak terlalu buruk. Berikutnya, pasti lebih rapi. Yang penting wedges siap dipakai lagi. It really fun, hemat uang, dan terpenting membantu mengurangi sampah untuk kelestarian bumi kita.

Step by step mereparasi sandal akan diulas di tulisan berikutnya, kumplit dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada awal percobaan pertama.. πŸ˜€

6 tanggapan untuk “Do It Yourself, Save your Money and Love the Earth…”

    1. Marta, yang pertama-tama kita lakukan adalah ampelas sepatu terlebih dahulu sampai rata..setelah itu baru kita timpa warnanya dengan pylox ditempat yang kita mau. Lakukan test dulu pada tempat lain, agar tangan lebih terlatih. Beri jarak 20 cman saat nyemprot ya agar hasil bagus dan rata. Perhatikan untuk menutup alas bagian kaki dengan koran. Gunakan selotip agar tidak bergeser. Setelah di cat angin-kan sampai kering. Semoga sukses πŸ™‚

      1. Mba,sy jg punya masalah yg sama dgn sepatu sy. Merknya vicary jg. Baru 1x pakai,kulitnya sdh terkupas. Sy sdh cb mengecatnya dgn cat Astro water base. Beli di gramedia,krn karyawannya bilang, cat itu bisa utk sepatu. Tp ketika sy cat sepatu nya yg sebelumnya sy kupas semua kulit yg terkupas,setelah kering sekali saya pakai kena hujan,ternyata cat nya luntur. Apakah masih bisa diperbaiki dgn menggunakan cat acrylic stay pylox y? Trims sebelumnya utk sarannya Mba.

      2. Hai Ester,
        Kalo dari bahan cat Astro water base, mestinya bahan dasarnya air, jadi ya luntru kalo kena air . Logikaku sih begitu ya. Aku ga tau apa masih bisa diperbaiki. Coba diampelas dulu sampai rata baru di cat ulang dengan pyloxnya. Semoga berhasil ya.

  1. Hallo mbak, saya juga punya masalah sama. Wedges saya kulitnya juga mengelupas. Itu pylox nya ada merek khusu atau gmn yaa mbak? Makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s