Cara Menghitung Bunga Deposito

Setelah artikel saya sebelumnya tentang deposito “Mau Kaya? Jangan Menabung..!!”, beberapa teman yang tertarik untuk mendepositokan dananya menanyakan bagaimana cara menghitung bunga deposito. Saat masih bekerja di Bank dulu, ini adalah salah satu hitungan dasar yang wajib diketahui para Account Officer ataupun Customer service yang biasa berhubungan dengan nasabah. tak berpanjang-panjang, yukk kita mulai menghitung…. (it’s quite simple actually)

Contohnya :

Saya ingin mendepositokan uang saya sebesar 10 juta di Bank A. Diinformasikan bahwa bunga yang akan saya terima sebesar 8% untuk jangka waktu 3 bulanan. Berapa bunga yang akan saya terima dalam kurun waktu 3 bulan tersebut?

1. Hitung bunga setahunan, caranya :
Rp. 10 juta x 8% = Rp. 800.000 setahun

2. Bunga setahun dibagi jumlah hari dalam setahun :
Rp. 800.000 : 365 hari = Rp. 2.191.78/ hari

3. Kalikan Bunga harian dengan jumlah hari dalam tenor waktu yang dimaksud
Rp. 2.191.78 x 90 hari = Rp. 197.260 /3 bulan
atau
Rp. 2.191.78 x 30 hari = Rp. 65.753 / bulannya

Perhatikan bahwa bunga tersebut bukan bunga bersih yang kita terima, masih ada potongan berupa pajak atas bunga sebesar 20%. Untuk alasan inilah, saya kurang berminat memasukkan dana ke Deposito di Bank kalau nggak bunganya benar-benar menjanjikan 😀

Jadi dari contoh soal diatas, kita hanya perlu mengurangkan bunga sebulan dengan pajak, hasilnya itulah bunga riil yang kita terima. Dalam contoh ini, jadinya bunga yang kita terima setelah dikurang pajak adalah:

Rp. 65.753 – 20% = Rp. 52.602,-

Perhitungan sekali seperti ini memang terlihat sedikit. Masak sih, naruh dana sebegitu besar tapi bunganya cuma 50 ribu doang? Nah, jawabannya bisa panjang dan lebar, karena hal ini tergantung tujuan keuangan dan profil resiko tiap orang yang berbeda-beda. Namun anda bisa menambah nominal deposito saat jatuh tempo dan ingin memperpanjang deposito. Cara ini biasa saya lakukan untuk menambah/ menaikkan bunga deposito yang saya terima.

Daripada ada uang lebih di tabungan, sejuta dua juta sangat-sangat membantu menaikkan bunga deposito bulanan yang kita terima jika dilakukan secara teratur. Di tulisan berikutnya akan saya paparkan bagaimana ‘keajaiban’ Bunga berbunga (yang diakui Einstein sebagai keajaiban) akan menggugah kesadaran anda untuk menginvestasikan dana sedini mungkin demi mencapai tujuan-tujuan keuangan dimasa depan.

Deposito disarankan kalau anda ingin berinvestasi namun punya profil konservatif dan tidak mau menerima resiko kerugian di instrumen investasi yang lebih agresif. Alih-alih menaruh dana di tabungan yang malah menggerus uang kita, Deposito masih lebih menghasilkan walaupun rate bunga bank tidak juga mampu menutup biaya inflasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s