Time Value Of Money (Nilai Waktu Uang)

Salah satu materi dasar penting yang harus dikuasai oleh para financial consultant/financial planner adalah konsep nilai uang. Dengan menguasai konsep Time Value of Money (TVM), maka perencanaan keuangan akan lebih komperehensif dan tepat sasaran.

Sebenarnya, apa sih TVM itu? bagaimana pengaplikasiannya dan apa pengaruhnya bagi tujuan keuangan kita? Well, saya akan coba jabarkan dengan lebih simpel, saya sendiri sedang belajar menguasai TVM ini dengan mengikuti kelas Financial Planning di salah satu perguruan tinggi di Surabaya ( penting nggak sih diomongin?)

Ok let’s go back to the topic,

Uang yang anda pegang sekarang, katakanlah seumpama Rp. 10.000,- cukup untuk membeli nasi bungkus plus kerupuk dan secangkir teh. Nah, bagaimana dengan setahun lagi? Mungkin dengan Rp. 10.000,- hanya bisa untuk membeli nasi bungkusnya saja, tanpa kerupuk dan tehnya. Nilai uang anda tetap Rp. 10.000,- tapi dengan nilai Rp. 10.000,- itu daya beli anda berkurang di masa depan. Itulah yang disebut nilai waktu uang. Bahwa uang kita akan berubah nilainya seiring waktu berjalan.

Jadi, lebih baik mana, Rp. 10.000 sekarang atau tahun depan? jawabannya bisa jadi sedikit berbeda tergantung posisi anda sebagai penerima atau pembayar. Jika menerima uang, tentu saja lebih baik saat ini, jika membayar kewajiban (yang tidak berbunga) tentu lebih lama lebih baik. Makanya saya sering gelisah jika ada peminjam yang selalu molor membayar hutangnya, karena sebenarnya dengan saya meminjamkan uang, saya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan interest/ bunga dari uang saya tersebut, apalagi setelah sekian lama (setahun misalnya), nilai uang tersebut sudah berkurang daripada saat awal saya meminjamkannya (PS : untuk teman dekat, jangan terlalu hitunganlah 😀 )

Nah sekarang, bagaimana mengaplikasikan TVM ini dalam kehidupan sehari-hari?
Berdasarkan Time frame nya TVM terbagi menjadi 2 ;
1. untuk melihat nilai uang kita di masa datang (gunakan Future Value)
2. untuk menghitung nilai sekarang dari uang yang akan kita miliki di masa depan (Present Value)

Berdasar jenisnya, investasi itu terbagi menjadi ;
1. Single investment (sekali investasi saja), dan
2. Multiple investment (berkali-kali investasi)

Supaya nggak bingung, dan karena artikelnya akan jadi panjang sekali jika dibahas semuanya, saya akan jelaskan khusus untuk mencari nilai masa depan dan nilai sekarang dengan jenis single investment dengan contoh:

Saat ini anda mempunyai uang $1.000, anda bermaksud menabung uang tersebut di bank XX dengan suku bunga majemuk 7% selama 2 tahun. Berapakah nilai uang anda setelah 2 tahun?

Cara menghitungnya dengan rumus matematika :

FV = PV (1+k)^n

FV2 = PV (1+k)^2

Dimana:

FV : Future Value (nilai di masa depan)
PV : Nilai sekarang
k : bunga
n : jumlah tahun

FV2 = $1000 (1+7%)^2
FV2 = $ 1.145 ==> nilai uang anda setelah 2 tahun dari $1.000 menjadi $1.145.

Berapa nilai sekarang yang harus anda tabung untuk mendapatkan $1.000 dalam 2 tahun dari sekarang dengan suku bunga 7% pertahun (namanya discount rate) ?

FV = PV (1+k)^n

$1.000 = PV (1+7%)^2

PV = 1000/(1.07)^2

PV = $873.4

Kesimpulan :
Saat anda menabung $1.000, dalam 2 tahun dari sekarang uang anda akan menjadi $1.145
Untuk mendapatkan $1.000 dalam waktu 2 tahun dari sekarang, anda harus menabung (Sekali saja) senilai $873.4

Sekarang, jika anda mempunyai cukup uang untuk diinvestasikan, coba hitung berapa nilai uang yang akan anda dapatkan sesuai dengan waktu yang anda tentukan sendiri. Sampai dengan hari ini, saya mendapatkan informasi bahwa suku bunga di BPR (interest biasanya lebih besar dari bank ) sebesar 6.5%

Selamat Menghitung..! 😀

One thought on “Time Value Of Money (Nilai Waktu Uang)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s