Jember Fashion Carnival 2013

Kecil-kecil cabe rawit!
Siapa yang menyangka, kota kecil seperti Jember, yang dulunya bahkan tidak banyak orang yang tahu, Jember itu terletak di bagian mana pulau Jawa, sekarang bisa begitu dikenal karena Kota ini, rutin menggelar karnaval fashion paling spektakuler bahkan di seantero Indonesia.

JFC terkenal karena keunikannya, selain memanjakan para pencinta fotografi dengan fashion yang eye catching dan spektakuler, JFC merupakan salah satu event karnaval terbesar setelah Mardi Grass (New Orleans), Rio De Jeneiro Carnaval (Brazil), and Fastnatch (Koln ). Tak hanya itu, JFC juga menggunakan jalanan sebagai catwalk para modelnya dan merupakan catwalk terpanjang di dunia karena jarak yang ditempuh mencapai 3,6 km (dari alun-alun kota sampai GOR Jember)

Adalah Dynand Fariz, seorang penggagas JFC yang juga seorang fashion designer local. Mulanya JFC diadakan untuk memperingati hari jadi kota Jember dan saat ini rutin diadakan setiap Agustus berdekatan dengan HUT RI. JFC ini setiap tahunnya memperagakan busana trend dunia, tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal dan bahkan tiap tahunnya, selalu diperagakan pakaian budaya tradisional yang malah meningkatkan kesadaran kita akan kekayaan budaya Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, kemasan JFC semakin hari semakin matang, meski beberapa hal nampaknya perlu dibenahi terutama dari kalangan masyarakat yang nampaknya tidak bisa tertib dan belum siap jika event ini suatu ketika menjadi event internasional.

Tema JFC tahun ini Artechsion ( Art meet Technology and Illusion ) ” dengan 10 tema defile yakni Tibet, Betawi, Bamboo,Artdeco,Octopus, Canvas, Tribe, Spider dan Venice dan melibatkan lebih dari 700 an peserta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s